Rabu, 22 Februari 2017

Wisata Sejarah Candi Borobudur Magelang-Jawa Tengah, Indonesia

Destinasi terbaruku - Nama Candi Borobudur pastinya tidak asing lagi untuk di dengar. Candi ini dikatakan sebagai tempat candi Buddha terbesar di Indonesia maupun di dunia. Pada tahun 1991 UNESCO menetapkan Candi Borobudur sebagai satu diantara situs warisan dunia. Tidak hanya sekedar jadi cagar budaya dunia, Candi Borobudur juga jadi salah satu obyek wisata yang menarik begitu banyak perhatian traveler lokal dan traveler mancanegara.

candi borobudur

Obyek wisata Candi Borobudur di Jawa Tengah ini mempunyai luas 123x123 meter persegi serta terbagi dalam 10 tingkat. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik yang berupa 504 arca, 72 stupa serta satu stupa yang paling besar tepat di puncaknya. Uniknya, balok-balok ini tersusun tanpa ada memakai perekat maupun semen, tempat ini nampat seperti susunan lego dengan ukuran raksasa.

keindahan candi borobudur

Dinding Candi Borobudur dihiasi kurang lebih 1.460 panel relief dengan panjang masing-masing 2 meter per panel. Panel-panel relief ini bercerita tentang sebuah susunan kehidupan Buddha. Relief dibagian bawah candi dimaksud dengan ‘Kamadathu’ yang bercerita mengenai tingkah laku jelek manusia yang dipenuhi nafsu dunia serta membuatnya masuk neraka. Relief sisi tengah dimaksud ‘Rapadathu’, menceritakan mengenai manusia yang telah terlepas dari udara nafsu dunia, sedang relief paling atas yaitu ‘Arupadhatu’. Relief ini melukiskan tingkatan pencapaian paling atas dimana beberapa dewa bersemayam.

arca candi borobudur

Terkecuali tiga relief itu, sesungguhnya masihlah ada panel relief dibagian terbawah candi yang terkubur. Menurut beberapa pakar sejarah, relief yang terkubur itu bernama ‘Karmawibhangga’. Berikut relief yang bercerita tentang tingkatan terbawah manusia. Relief ini melukiskan tingkah laku jelek manusia yang ikuti udara nafsunya seperti membunuh, bergosip serta memerkosa. Bahkan juga dijelaskan ada gambar jalinan suami istri. Penguburan panel relief ini mempunyai dua argumen yakni lantaran relief yang dikira tak sopan serta lantaran usaha pengokohan supaya candi tetaplah berdiri tegak.

sunrise candi borobudur

Candi Borobudur dikatakan sebagai satu diantara mahakarya terbesar manusia selama sejarah. Susunan balok vulkanik serta pahatan reliefnya adalah satu karya seni yang tidak tertandingi nilainya. Tempat wisata ini dapat jadi bukti perkembangan peradaban manusia jaman dulu dalam bagian arsitektur, tehnologi serta seni sastra.
Artikel terkait:
Menelisik Keindahan Wisata Gunung Bromo Malang
Pantai di Malang yang Belum Terjamah
Destinasi Indah Pulau Seribu yang Paling Bagus
Di kompleks ini ada dua museum yakni Museum Samudera Raksa serta Museum Karmawibhangga. Museum Samudera Raksa diisi beragam koleksi serta info tentang sejarah perdagangan Asia - Afrika pada jaman dulu, sedangkan Museum Karmawibhangga diisi info tentang pembangunan Candi Borobudur.

Terima kasih sudah membaca artikel mengenai wisata sejarah Candi Borobudur Indonesia, Bila artikel ini bermanfaat silahkan untuk di share.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar