Selasa, 24 Januari 2017

Tempat Wisata Sekitar Labuan Bajo

Destinasi terbaruku - Labuan Bajo adalah sebuah desa yang terdapat di Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Sebagai kota pelabuhan, Labuan Bajo jadi titik awal dimulainya petualangan menuju Taman Nasional Komodo.

pulau padar
Mulai Pulau Komodo, Pulau Rinca, sampai Pulau Padar, perjalanannya bisa diawali dari Labuan Bajo. Jadi tidak heran bila Labuan Bajo jadi satu kota yang ramai, dengan beragam penginapan, toko, butik, restoran, sampai dive center.
Baca juga: 
Pantai Meleura, Tempat Wisata di Pulau Muna
Tempat Wisata di Lombok, Pantai Gunung Tunak

Terkecuali beberapa sarana itu, saat ini Labuan Bajo juga mempunyai banyak destinasi, terkecuali Kepulauan Komodo. Berikut Tempat Wisata Sekitar Labuan Bajo yang harus dikunjungi saat ada di Pulau Flores seperti yang dirangkum tim DestinasiTerbaru.blogspot.co.id.

1. Air Terjun Cunca Rede
Air Terjun Cunca Rede terdapat di Kampung Ntaur, Desa Sano Lokom, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur. Dengan tinggi hingga 70 mtr., Air Terjun Cunca Rede jadi air terjun paling tinggi di Flores sisi barat.

air terjun cunca rede
Tepatnya berada di kaki Gunung Ranaka, untuk menuju Air Terjun Cunca Rede mesti trekking dari Kampung Ntaur.

2. Air Terjun Cunca Rami
Cunca Rami adalah air terjun tingkat tiga yang terdapat di Desa Cunca Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat. Dengan jarak tempuh 35 km dari pusat kota Labuan Bajo, Air Terjun Cunca Rami bisa ditempuh dengan memakan waktu 90 menit.

air terjun cunca rami
Perjalanan menuju Air Terjun Cunca Rami tidaklah gampang, lantaran mesti trekking melalui perkampungan, ladang warga, serta pohon-pohon kemiri.

3. Gua Rangko
Terdapat di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Gua Rangko seperti oase di dalam teriknya matahari Flores. Langkah terbaik untuk menuju Gua Rangko adalah dengan naik kapal dari pelabuhan di Labuan Bajo selama 90 menit.

gua rangko
Tidak hanya mempunyai stalaktit serta stalakmit, gua ini juga terdapat kolam kecil yang terisi air asin.

4. Gua Batu Cermin
Gu Batu Cermin terdapat di Wae Kesambi, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Dengan luas yang diperkirakan mencapai 19 hektar, Gua Batu Cermin mempunyai dinding yang bercahaya bila terkena cahaya matahari.

gua batu cermin
Di ketahui kilau sinar di dinding gua datang dari koral serta fosil satwa yang melekat pada dinding gua, lantaran dulunya Pulau Flores ada di dasar samudra.
Artikel terkait: Pesona Indah Tempat Wisata di Bali yang Sangat Menawan
5. Air Terjun Cunca Wulang
Berada sekitaran 30 km dari Labuan Bajo, Air Terjun Cunca Wulang mempunyai tinggi mencapai 25 meter. Sama dengan Air Terjun Cunca Rami, untuk menuju Air Terjun Cunca Wulang juga diwajibkan untuk trekking yang diawali dari Desa Wersawe.

air terjun cunca wulang
Uniknya lagi, Air Terjun Cunca Wulang juga mempunyai satu gua yang menarik untuk dikilas balik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar